New Post

Translate

Minggu, 23 September 2012

Intel core i5-2500 vs. AMD Phenom II X4 980


Mengukur dampak pilihan CPU pada kinerja gaming

Intel P.O.D. MMX racer

Kebijaksanaan konvensional menyatakan bahwa ketika datang ke game, CPU Anda tidak peduli semua yang banyak. Sejak 3dfx Voodoo meluncurkan akselerator 3D asli, kami telah berupaya untuk offload pekerjaan lebih banyak dan lebih ke GPU dedicated, meninggalkan CPU bebas untuk menangani tugas-tugas lainnya. Nvidia dan AMD telah didorong tren ini selama 12 tahun terakhir, pertama dengan mengubah hardware khusus dan pencahayaan (T & L) dan lagi ketika Nvidia meluncurkan kembali G80 pada tahun 2006.

Kebijaksanaan konvensional, ternyata, adalah cukup salah. Scott Wasson di Tech Laporan baru saja menerbitkan sebuah penyelidikan utama ke topik. Bukan hanya mengukur rata-rata frame per detik (fps) atau menyediakan Min / Max / Rata-rata pengelompokan, Laporan Tek juga menguraikan data dengan kerangka waktu (digambarkan dalam jangka patokan). The "jangka waktu" merujuk pada waktu (dalam milidetik) yang dibutuhkan untuk membuat setiap frame. Misalnya, 60 sempurna stabil fps tingkat memiliki kerangka waktu dari 16,67 milidetik (1/60).

Kali frame metrik kurang akrab dibanding frame rate, tetapi mereka menangkap masalah bahwa standar fps pengukuran tidak. Bahkan plot Min / Max / Rata-rata adalah grafik nilai statis, diukur dalam satu detik interval. Sistem visual manusia, bagaimanapun, adalah mampu mendeteksi variasi kecepatan gerak selama periode jauh lebih singkat. Variasi luas dalam kerangka waktu membuat sepersekian detik gagap bahwa mata melihat dan pemberitahuan, bahkan jika permainan berjalan pada rata-rata 60 fps. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai microstuttering, meskipun istilah yang umumnya dicadangkan untuk menggambarkan jenis tertentu latency GPU ketika rendering dalam konfigurasi multi-GPU.

Memeriksa kinerja CPU dengan bingkai kali memberikan perspektif yang sangat berbeda pada kinerja relatif mereka. Laporan Tek tes permainan ganda pada berbagai macam CPU, saya sudah meminjam perbandingan tunggal antara dua chip di The Elder Scrolls V: Skyrim untuk menggambarkan perbedaan.

Phenomvsi5

Di sini Anda dapat melihat frame rate rata-rata Core i5-2500, waktu chip masing-masing menghabiskan di atas 16,7 milidetik (berarti seberapa sering dibutuhkan CPU lebih dari 16.7ms untuk menggambar frame), dan apa adalah waktu untuk menarik bawah 99% dari frame? Perbedaan fps antara Core i5 dan AMD X4 980 adalah signifikan - i5 adalah 30% lebih cepat - tetapi Phenom II masih jauh di atas ambang batas fps 60. Bandingkan jumlah waktu yang dihabiskan di atas 60 fps, bagaimanapun, dan kesenjangan menjadi samudera. X4 menghabiskan lebih dari 5x banyak waktu di bawah angka fps 60. Ini berarti gagap lebih dari semacam bahwa mata manusia mengambil pada.

Kinerja relatif antara Intel dan AMD tergantung pada permainan, tapi ada kesenjangan yang signifikan antara kedua perusahaan secara keseluruhan. Phenom II X4 980 tetap CPU gaming terbaik secara keseluruhan AMD dan banyak chip Intel dikelompokkan dalam ruang yang relatif kecil. Secara keseluruhan, kinerja masih sebagian besar tergantung GPU, namun pekerjaan ini bersinar terang pada daerah di mana pilihan CPU masih bisa membuat perbedaan sederhana

0 komentar:

Pengikut